Dunkirk 2017 Film Terbaru Persembahan Christopher Nolan


Following (1998), Memento (2000), Insomnia (2002), The Prestige (2006), The Dark Night Trilogy (2005-2012), Inception (2010), Interstellar (2014) dan yang terbaru Dunkirk (2017), pasti seorang pecinta film tak asing lagi dari beberapa judul-judul film di atas. 

Judul-judul film di atas adalah sebuah karya besar, jenius, apik yang dibesut oleh sutradara besar sekaligus ternama yaitu Christopher Nolan. Tentu namanya sudah tak asing lagi bagi para penikmat film.
 
Dari beberapa judul film arahan sutradara Christopher Nolan yang paling anyar diantara semua judul film di atas adalah Dunkirk (2017) yang sudah tayang pada Jum'at 21/7 kemarin serentak di seluruh dunia.

Dunkirk adalah film drama dengan cita rasa perang yang sangat kental di dalamnya. Didapuk sebagai film perang, nyatanya Dunkirk bukanlah termasuk dalam katagori film tersebut. Film yang mendapatkan banyak pujian dari para kritikus ini juga mampu menyedot banyak penonton di beberapa bioskop-bioskop. Oleh para kritikus film Christopher Nolan dinilai mampu menyatukan seni, drama, tragedi, dan sinematografi yang menakjubkan.

IMDB memberikan rating sebesar 9.6/10 bagi film ini, sementara rotten tomatoes mencatatkan nilai 98 untuk karya Christopher Nolan tersebut. Tak perlu diragukan lagi bahwa film ini sungguh memukau dari berbagai sudut.

Selain disutradarai oleh Christopher Nolan mungkin beberapa hal ini juga patut dijadikan catatan atas suksesnya film Dunkirk ini. Beberapa hal diantaranya meliputi ide cerita yang orisinil berdasarkan kisah nyata yang ada dalam sejarah, para aktor kawakan yang memainkan tokoh dalam film, latar tempat pembuatan film yang konsisten, serta peralatan dan properti film yang digunakan secara serius dan tak main-main.

Selanjutnya mari kita ulas secara satu persatu dari beberapa hal di atas yang menjadikan film ini layak tonton untuk bulan ini.

Cerita yang digunakan Nolan adalah kisah nyata tentang operasi evakuasi terbesar dalam sejarah militer di sebuah pantai di Paris yang bernama Dunkirk. 340 lebih para prajurit dari Perancis, Belanda, Belgia, Inggris yang disudutkan oleh tentara Jerman pada perang dunia kedua tahun 1940. Para tentara dari berbagai negara di eropa yang terkepung oleh tentara Nazi Jerman tersebut rencananya akan di evakuasi ke Pulau Britania Raya.

Berdasarkan kisah tersebut film ini akan dibagi beberapa adegan penting diantaranya di Laut, di Darat dan di Udara. Nolan secara ciamik mengolah film ini menjadi sebuah film yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Penonton akan terkesima oleh alur, latar musik dan pengambilan gambar yang disajikan.

Setelah Following yang berdurasi 1 jam 9 menit, Dunkirk adalah film terpendek ke dua dari Nolan yaitu sekitar 1 jam 40 menit. Biasanya Nolan memikirkan sebuah film agar durasi idealnya kurang lebih 2 jam. Namun meskipun terbilang pendek film ini tak kalah tajinya dari beberapa film sebelumnya bahkan sempat ada rumor bahwa film sejarah ini menggabungkan elemen-elemen dari film sejarah yang sudah ada.

Berikutnya latar pengambilan gambar film ini dilakukan langsung ditempat kejadian yang sebenarnya yaitu di pantai Dunkirk. Karena seperti yang kita tahu Christopher Nolan tidak ingin membuat film ecek-ecek yang cuma mengandalkan efek visual dari green screen.

Selanjutnya film ini juga didukung oleh aktor terkenal Hollywood yang sudah sering bekerja sama dengan Nolan. Cillian Murphy dan Tom Hardy dua aktor hebat ini akan bereuni di film ini, yang sebelumnya mereka sudah bekerja sama dengan Christopher Nolan dalam film Inception (2010) dan The Dark Night Rises 2015.
Harry Styles salah satu anggota Boy Band dari Inggris One Direction juga akan ikut menjajal aktingya di film ini meskipun hanya mendapatkan peran sampingan sebagai aktor pendukung. Tentunya banyak penggemar One Direction pasti tak ingin melewatkan idola mereka Harry Styles ditenggelamkan, diberondong peluru, dan dibombardir meriam juga bom.

Terakhir dengan biaya kurang lebih sebesar 150 juta dollar film Dunkirk juga membawa peralatan dan properti yang mewah. Seperti pengambilan gambar menggunakan dua kamera yang berbeda yaitu IMAX dan Panavision. Serta beberapa media online juga menyebutkan bahwa pengambilan di pantai itu melibatkan setidaknya 50 kapal perang asli dari mulai yang berat sampai yang ringan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa film ini juga menggunakan pesawat asli yang seluruhnya pesawat antik dari zaman perang dunia kedua. Bahkan ada salah satu pesawat asli perang dunia kedua yang ikut dihancurkan dan para produser harus membayarnya sebesar 66 milyar.

Dalam proyek film Dunkirk ini Christopher Nolan menerima bayaran sebesar 20 juta dolar. Nominal tersebut sama dengan yang diterima oleh Peter Jackson sebagai sutradara King Kong (2005). Dan tak ada sutradara manapun yang pernah dibayar 20 juta dolar atau lebih dari itu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dunkirk 2017 Film Terbaru Persembahan Christopher Nolan"

Post a Comment